BERITA DRN TERKINI

Rabu 6 Juni 2018, Balitbang ( Badan Penelitian dan Pengembangan ) Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan mengunjungi Dewan Riset Nasional ( DRN ) Di Jakarta, bertemu langsung dengan Ketua DRN Bapak Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU dan tim Sekretariat, Balitbang Kabupaten Muara Enim dibentuk pada 31 Desember 2016 yang menjadi Ketua Pejabat PLT, Dewan Riset Daerah ( DRD ) di Kabupaten Muara Enim belum ada oleh karena itu tujuan dari Balitbang mengunjungi DRN untuk meminta pentunjuk dan saran DRN dalam pembentukan DRD Kabupaten Muara Enim, dasar hukum dari pembentukan DRD, menentukan dan mekanisme menjadi anggota DRD, dan masalah pendanaan untuk kegiatan dan honor anggota DRD.

Saran dan masukan Ketua DRN dasar dari pembentukan Dewan Riset Nasional ( DRN ) dan Dewan Riset Daerah ( DRD ) adalah undang-undang 18/2002 tentang Sisnas iptek, mengapa DRN dan DRD sangat penting perannya karena semua Negara maju didunia mempunyai DRN yang langsung menjadi ketuanya Presiden, sehingga peran DRN sangat penting dan kuat posisinya dalam menentukan kebijakan dan arah riset.

Salah satu tugas DRN yaitu membina DRD, DRN selalu dikunjungi pihak daerah dari DRD, Balitbang, Bappeda dll, yang menjadikan DRN sebangai Induk riset daerah, DRN juga sudah melakukan pembinaan dan pelantikan langsung terhadap DRD yang berjumlah 62 DRD yang terdiri dari DRD Provinsi, DRD Kabupaten dan DRD Kota.  DRN selalu meminta DRD untuk menjadikan produk unggulan didaerah menjadi lebih meningkat dalam mendorong dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat kemajuan didaerah, seperti contoh DRD lampung yang menjadikan singkong sebagai produk unggulannya, dan  DRD Aceh yang menjadikan Nilam sebagai produk unggulan dan DRD lainnya. Ada juga DRD Jawa Timur yang sangat aktif dalam mamberikan saran dan masukan langsung kepada gubernur demi kemajuan Jawa timur sehingga saran dan masukan sering dijadikan peraturan daerah oleh Gubernur. Oleh karena itu tugas dari DRD memberi masukan langsung kepada Kepala daerah dengan outputnya rekomendasi langsung yang tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kemajuan didaerah.    ( FA )                

 
Lihat Foto Lainnya