BERITA DRN TERKINI

 

Pada hari Kamis, 11 Oktober 2018 Dewan Riset Nasional berkesempatan silaturahmi dengan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Blora. Pada pertemuan tersebut, DRD Kabupaten Blora diterima oleh Ketua Dewan Riset Nasional Bambang Setiadi; Wakil Ketua DRN Sudharto P Hadi, Sekretaris DRN Iding Chaidir dan Anggota DRN komtek TIK, Irnanda Laksanawan.

Djati Walujastono selaku Ketua DRD menjelaskan maksud dan tujuan DRD Kabupaten Blora bersilaturahmi ke DRN adalah perlunya pembinaan DRN kepada DRD Kabupaten Blora, mengingat usia DRD yang masih baru. dikarenakan pelantikan pengurus baru pada tanggal 7 september 2018. Maksud lainnya adalah memohon arahan dan masukan DRN terhadap hal - hal yang harus dilakukan DRD Kabupaten Blora mengenai masalahan yang dihadapi.

Arahan yang diberikan oleh Ketua DRN kepada DRD Kabupaten Blora adalah perlunya memposisikan DRD sebagai teman berfikir kepala daerah. Ada beragam cara yang dapat dilakukan seperti menyelenggarakan FGD atau Seminar bertemakan permasalahan yang ada di daerah dan mengundang pakar yang berkompeten dalam memberi solusi pada permasalahan tersebut. Pelaksanaan FGD tidak hanya terkait masalah - masalah yang ada, namun bisa juga mengenai keunggulan daerah. Hasil dari FGD tersebut dapat menjadi masukan kepada kepala daerah sebagai bahan pertimbangan membuat keputusan.

Cara lainnya yang bisa ditempuh yaitu perlunya membentuk sebuah forum komunikasi Dewan Riset Daerah di seluruh Jawa Tengah. Tujuannya adalah mempermudah wadah silaturahmi dan sarana komunikasi antar dewan riset daerah se-provinsi. Melalui forum tersebut diharapkan daerah tidak tertinggal dalam perkembangan riset dan inovasi dan dapat tukar menukar informasi. Bahkan, bisa saja permasalahan yang dihadapi di tiap daerah dapat diberikan solusinya melalui komunitas tersebut.

Tidak lupa Ketua DRN menjelaskan mengenai Revisi UU no 18/ 2002 yang saat ini sedang berjalan, dan menekankan pentingnya inovasi bagi bangsa. (AW)

 

  

 
Lihat Foto Lainnya