Rombongan DRN yang  terdiri dari Dr. Dudi Iskandar (Staff Profesional bidang Hubungan Internasional), Sakti Nasution, SH (Asisten Komtek Sosial Humaniora), Elia Dariah (Sekretaris Ketua DRN) dan Trimono (Staf Adminintrasi) telah melakukan kunjungan kerja ke DRD Bengkulu.  Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama antara DRN dan DRD.  Pada kesempatan pertemuan dengan Ketua DRD Bengkulu (Prof. Urip Santoso ) dan Kepala Balitbangda Bengkulu (Ir. Diah Irianti MSi) yang disertai para kepala bidang dan staf terkait diadakan presentasi dan diskusi.  Dr Dudi Iskandar mempresentasikan tentang pentingnya  Inovasi yang perlu dikembangkan dalam rangka peningkatan nilai tambah dan daya saing produksi sumber daya alam Indonesia.

Dipresentasikan juga update berbagai peraturan terkait dengan DRD, Sistem Inovasi Daerah dan berbagai kegiatan DRN yang telah dan akan dilaksanakan dalam tahun 2012.  Ketua DRD menyampaikan presentasi tentang sejarah terbentuknya DRD Bengkulu, kegiatan selama kepengurusan 2009-2012 serta hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh DRD Bengkulu.  Dari presentasi dan diskusi yang dilakukan dapat digaris bawahi beberapa hal  :

 

1.     Perlu ditingkatnya komunikasi antara DRN dengan DRD Bengkulu terkait dengan berbagai kegiatan DRN yang kurang melibatkan atau tidak sampainya informasi kegiatan DRN ke pihak DRD Bengkulu. DRD Bengkulu belum merasa dilibatkan dalam rapat DRD seluruh Indonesia di DRN? Belum mengetahui aktivitas di DRN yang bisa diikuti oleh DRD? Informasi dan hal-hal lain yang dapat diakses oleh DRD?

2.     Beberapa hambatan yang dialami oleh DRD Bengkulu antara lain :

o    Anggaran yang tersedia baru sebatas untuk kegiatan operasional, padahal DRD perlu mengkaji beberapa isu strategis di Bengkulu untuk memberikan rekomendasi kepada Gubernur.

o    DRD belum disosialisasikan secara intensif sehingga banyak instansi yang belum mengetahui adanya DRD di Bengkulu.

o    Lemahnya koordinasi DRD dengan intansi yang terkait.

o    Belum tersedianya data dasar  yang terintegrasi di Provinsi Bengkulu.

3.     DRD akan menata kembali baik kelengkapan kepengurusan, administrasi maupun peningkatan kegiatan dan peranan DRD dalam pembangunan daerah Bengkulu khusunya yang terkait dengan pengembangan penelitian dan pengembangan.

4.     DRD Bengkulu akan mengadakan pertemuan tanggal 26 November dan mengharapkan ada pihak DRN yang bisa menghadiri acara tersebut.(DI).