BERITA DRN TERKINI

Kunjungan Dewan Riset Daerah Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari Ketua DRD, Prof. Dr. Soemarto, MSIE, Wakil Ketua DRD, Ir. Wendi Wardani, MM, Anggota DRD : Dr. Yudi Garnida, MS, Dr. Rochadi Tawaf, MS, Dr. Nandang Sunandar, MP, Dr. H. Sugiyanto, SE, M.Sc, Ir. Eddy Permadi, Dr. Ilyas Suratman, CES, DEA dan dari Sekretariat DRD Noviani Eka M, ST di Sekretariat Dewan Riset Nasional diterima oleh Ketua DRN Prof. Dr. Andrianto Handojo, Sekretaris DRN Dr. Iding Chadir, M.Sc dan Staf Profesional DRN pada tanggal 4 Maret 2014 di Ruang Rapat Dewan Riset Nasional Lantai 1 Gedung I BPPT, Jakarta.

Anggota DRD Provinsi Jawa Barat ini telah selesai masa jabatannya pada bulan Desember 2013, sehingga kunjungan ini bertujuan untuk tukar menukar informasi berkaitan dengan rencana penggantian Anggota DRD yang baru yaitu untuk periode 2014 – 2017, dengan status menunggu Surat Keputusan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat.

Acara dimulai dengan saling memperkenalkan antar dua belah pihak. Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Sekretaris DRN tentang Dewan Riset Nasional dan diakhiri dengan diskusi.

Pada dasarnya DRD Provinsi Jawa Barat telah banyak melakukan kegiatan, dan hasilnya telah dituangkan ke dalam beberapa buku antara lain berjudu l: (i) Prioritas Riset dan Teknologi Daerah di Bidang Iptek, (ii) Pembangunan Jawa Barat Berbasis Ketahanan Pangan, dan (iii) Data Informasi Hasil-Hasil RISTEK. Namun demikian, peran DRD dirasakan belum optimal sehingga DRD Provinsi Jawa Barat ke depan (periode 2014-2017) diharapkan dapat bekerja lebih baik untuk pembangunan Iptek dalam rangka mencari solusi berbagai permasalah di Provinsi Jawa Barat.

Rangkuman hasil diskusi pada pertemuan ini adalah bahwa secara internal DRD Provinsi Jawa Barat masih menghadapi berbagai kendala berkaitan dengan peran DRD, Anggaran dan Status kelembagaannya. Pada dasarnya Gubernur Provinsi Jawa Barat sangat mendukung kegiatan DRD, sehingga dirasakan perlu ditingkatkan komunikasi, advokasi dan memberikan masukan / rekomendasi atas berbagai hal terkait dengan pembangunan ekonomi berbasis Iptek di Provinsi Jawa Barat.

Pertemuan sepakat untuk beker jasama dalam pelaksanaan Sarasehan Teknologi Bersama yang akan digelar di Jawa Barat pada pertengan tahun 2014 ini. [sn/sp]