Pada hari kamis tanggal 27 April 2017, Dewan Riset Daerah ( DRD ) se-Jawa Tengah mengadakan Rapat Koordinasi dengan mengundang perwakilan dari Dewan Riset Nasional ( DRN ) dengan tema RISET UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen Jl. Veteran No.2 Bumirejo Kebumen Jawa Tengah.

Pada Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta yang hadir, dan di lanjutkan doa bersama seluruh peserta yang hadir, dilanjutkan laporan penyelenggara rapat oleh Bapak Cholidi Ibrar menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan dan semua komponen untuk acara tersebut dan meminta peserta untuk mengikuti acara tersebut sampai selesai. Serta menyampaikan tema rapat koordinasi adalah RISET UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Beliau menyampaikan rencana kegiatan rapat koordinasi Dewan Riset Daerah ( DRD ) se-Jawa Tengah. Dilanjutkan

·         Sambutan dari Ketua Panitia (Perwakilan DRD Kebumen)

- Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Joko Suprapto yang merupakan perwakilan DRD Kebumen. Pada sambutannya mengenalkan para anggota DRD Kebumen serta juga menjelaskan pentingnya riset di daerah.

-  Anggaran riset di Indonesia hampir tidak pernah menunjang kebutuhan riset. Oleh karenanya perlu adanya Forum sharing antar DRD adalah langkah yang baik.

·         Sambutan dari Kepala Bappeda Prov. Jawa Tengah (Diwakilkan oleh Ka. Bidang Iptekin Bapak Tri Yuni Atmojo)

-  Sambutan selanjutnya disampaikan oleh bapakTri Yuni Atmojo yang mewakili Kepala Bappeda Prov. Jawa Tengah.Pada sambutannya Tri menyampaikan  bahwa daerah Jawa Tengah masih memiliki permasalahan utama yaitu: Masalah perizinan; Pengangguran; Kedaulatan panganserta tata kelola pemerintahan yang belum efisien.

- Mengatasi permasalahan tersebut perlunya dukungan riset. Sejatinya riset dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan.

- Dewan Riset Daerah merupakan  salah satu forum riset dimana salah satu tugasnya adalah sebagai penasihat bagi pemimpin daerah.

·         Sambutan dari Wakil Bupati Kebumen (KH YazidMahfudz)

Sambutan terakhirdisampaikan oleh Wakil Bupati Kebumen. Dalam forum tersebut Wakil Bupatimenyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan yang sudah hadir dan meminta maaf jikabupati berhalanganhadir.

·         Paparan Kunci Disampaikan Oleh Prof. Sudharto ( Wakil Ketua Dewan Riset Nasional )

- Pelaksanaan riset di Indonesia lebih menekankan pada riset yang menjadi berkas, maksudnya adalah riset-risetyang memenuhi perpustakaan dan hanya sedikit yang dihilirkan ke Industri.

- Beliau menjelaskan alasan mengapapertumbuhan ekonomi tinggi namun disertai  tingkat  pengangguran yang tinggi. Alasan utamanya adalah kurangnya Inovasi.

- Wakil ketua mendorong masyarakat untuk menciptakan inovasi, Dalam paparannya Pak Sudharto menekankan pentingnya “inovasi” dengan menekuni apa yang dimiliki saat ini sebagai modal kemajuan bangsa.

-  Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DRNmenyampaikan kegiatan DRN seperti: Sosialisasi ARN; Pemantauan implementasi; Kajian masalah actual (policy brief); Penyusunannaskah akademikdalam rangka Revisi UU 18/2002; serta menyiapkan RUU Inovasi.

·         Rumusan Rapat Koordinasi 

-  Masih adanya kesenjangan antara kenyataan di lapangan dan pelaksanaannya

- Perlunya komunikasi yang intensif antar Pemerintah – Swasta – Universitas

- Perlunya kompetensi yang jelas yaitu program yang bagus untuk diseminasi riset dan perlu adanya runding dana riset.

-  Perlu adanya follow up untuk riset pranata riset nasional

- Sinergitas antara Akademisi -Buisness- Goverment –Commnity perlu dipererat guna menghasilkan inovasi riset yang mensejahterakan rakyat.

- Riset yang mensejahterakan = riset yang inovatif.

                         ( AW/RA/FA)

 
Lihat Foto Lainnya