Komisi Teknis (KOMTEK) Pangan dan Pertanian, Dewan Riset Nasional (DRN) telah melaksanakan Rapat KOMTEK ke-1 pada hari Senin, 26 Oktober 2015 di Ruang Rapat DRN, Lantai I Gedung I. Rapat dipimpin dan dibuka oleh Ketua Komtek Pangan dan Pertanian Dr. Ir. Haryono, M.Sc dengan menyampaikan sesuai dengan hasil rapat Badan Pekerja pada tanggal 13 Oktober 2015 bahwa  program DRN akan menekankan pada hilirisasi dan komersialisasi hasil riset (iptek) untuk kesejahteraan dan menghasilkan devisa.  Komtek Pangan dan Pertanian akan menginventarisir komoditi unggulan dari bidang pangan dan pertanian. Kemudian dilanjutkan menyampaikan agenda rapat, yaitu : 1] Pembukaan, 2]  Perkenalan Anggota Komtek Pangan & Pertanian 2015-2018,  3] Pemilihan Wakil Ketua Komtek Pangan & Pertanian, 4] Penyampaian Hasil Rapat BP 13 Oktober 2015, 5] Rencana Kegiatan  Komtek Pangan & Pertanian tahun 2015, 6] Pembahasan Isu Lainnya.

 Rapat dihadiri oleh Anggota DRN Komtek Pangan dan Pertanian : Dr. Ir. Bambang Setiadi,IPU, Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc, Dr. Desianto Budi Utomo, Sakri Widhianto, S.Teks, MM, Ir. Utama Kajo, Dr. Ir. I Wayan Budiastra, M.Agr., Asisten Komtek : Prof. Dr. Herdis, M.Si, Staf Profesioal, dari Kemenristekdikti dan tim Sekretariat DRN. Materi rapat disampaikan oleh Ketua Komtek Pangan dan Pertanian yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Kesimpulan Rapat Komtek Pangan dan Pertanian hari ini antara lain sebagai berikut :

  1.  Rapat Komtek Pangan dan Pertanian mengangkat masalah padi IPB3S yang telah di launching dan perlu diklarifikasi ke berbagai pihak terkait untuk meluruskan kondisi dan potensi bibit padi tersebut di lapangan. Forum rapat komtek menyarankan pak I Wayan Budiastra untuk berbicara dan klarifikasi ke pihak IPB. Rapat menyepakati akan memberikan informasi kepada Menteri Ristekdikti dalam bentuk laporan yang sifatnya “confidential”.
  2. Rapat menyepakati pentingnya Audit Komunikasi. Disarankan mendatangkan narasumberpakar dalam  audit komunikasi  untuk berdialog di forum Dewan Riset Nasional.
  3. Rapat menyepakati agenda DRN no 3 yakni  mengkaji kebijakan pengembangan sistem inovasi nasional untuk mendorong hilirisasi dan komersialisasi hasil riset (iptek) untuk kesejahteraan dan menghasilkan devisa menjadi prioritas utama.  Program hilirisasi dan komersialisasi hasil riset ini sejalan dengan prioritas Kemeterian Perindustrian.
  4. Program hilirisasi dan komersialisasi hasil riset  diharapkan akan memberi masukan dalam penyusunan Grand Design Riset Nasional.
  5. Forum rapat komtek menyepakati akan memfokuskan pada program hilirisasi dan komersialisasi hasil riset pada komoditas unggulan yakni : jagung, ubi2, sorgum dan sagu.  Komoditas unggulan ini akan dikaji lebih dalam pada rapat-rapat komtek dan FGD yang akan dilaksanakan Komtek Pangan dan Pertanian.
  6.  Diusulkan untuk membahas wacana Agenda Hilirisasi Nasional (AHN).
  7.  Forum rapat komtek menyepakati ada penugasan dari masing-masing anggota komtek untuk mengawal potensi dan membina DRD berdasarkan wilayah atau region. Sehingga masing-masing anggota Komtek mempunyai tanggung jawab terhadap wilayah yang dibinanya. [sn]