BERITA DRN TERKINI

 

Komisi Teknis (KOMTEK) Energi Dewan Riset Nasional (DRN) telah melaksanakan Rapat KOMTEK ke-1 pada Kamis, 22 Oktober 2015 di Ruang Rapat DRN, lantai 1 Gedung I BPPT, Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta Pusat. Tema rapat : 1] Rencana Kerja KOMTEK Energi tahun 2015, 2] Evaluasi Agenda Riset Nasional 2015-2019,dan 3] Pembahasan Isu-Isu Lainnya.

 

Rapat dibuka pada pukul 13.00 WIB oleh Ketua KOMTEK Energi, Dr. Arnold Soetrisnanto dan dihadiri oleh Anggota KOMTEK Energi antara lain, Prof. Widodo Purwanto, Dr. MAM Oktaufik, Dr. Tirto Prakosa Brojonegoro, MEng, Asisten KOMTEK Energi, Dr. Agus Nurrohim, M.Eng dan dari Sekretariat DRN, Sunar, S.Sos, M.AP. Materi rapat disampaikan oleh Asisten KOMTEK Energi, Dr. Agus Nurrohim, M.Eng, antara lain tentang “Struktur Organisasi DRN, Evaluasi ARN 2015-2019, Rencana Kerja KOMTEK yang meliputi Rapat KOMTEK, Focus Group Discussion, Rapat Ad Hoc, Sidang Paripurna dan lain-lain, serta pembasan tiga belas Isu yang disampaikan oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti dengan pimpinan DRN pada waktu yang lalu”.

Setelah dilakukan pembahasan dan tukar pendapat, maka Rapat KOMTEK Energi DRN hari ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Usulan Tema dan Topik Riset ARN 2015-2019 Komisi Teknis Energi DRNsebagai berikut : 1] Riset Prioritas       Nasional:a. Kedaulatan Pangan, b. Kedaulatan Energi, c. Kemanfaatan Air, d.Kemaritiman, 2] Program  Prioritas  Riset Bidang: a. Pangan, b. Energi, c. Transportasi, d. TIK, e. Hankam, f. Kesehatan dan Obat, g. Material Maju dan Sosial Humaniora.
  2. Usulan Riset Priositas Nasional : 1] Pemenuhan Kebutuhan Bahan Bakar Nasional, 2] Pemenuhan Kebutuhan Listrik Nasional, 3] Penguatan Teknologi Konservasi Energi, dan 4] Penelitian &pengembangan kebijakan teknologi nasional di bidang energi.
  3.  Usulan Riset Prioritas Bidang: 1] Penelitian dan Pengembangan Bahan Bakar Berbasis Energi Fosil, 2] Penelitian dan Pengembangan Bahan Bakar Berbasis Energi Baru dan Terbarukan,3] Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kelistrikan, 4] Penguatan Teknologi Konservasi Energi, dan 5] Riset dan Pengembangan Pendukung Bidang Energi.
  4. Dari Tiga belas butir Hasil Diskusi Pimpinan DRN dengan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti,  Komisi Teknis Energi DRN berencana akan menanggapinya melalui Policy Brief yang akan dikemas dengan isu terkini. [sn/gusnur]