BERITA DRN TERKINI

Rapat Komtek Energi Dewan Riset Nasionaldilaksnakan pada tanggal 6 November 2015 bertempat di Ruang Rapat Fak. Teknik Mesin UGM, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Baron techno Park di Gunung Kidul. Rapat membahas  Evaluasi ARN 2015-2019,  Penyusunan Grand Desain Riset Nasiona, Persiapan FGD, Kunjungan ke Baron Teknopark dan Lain-lain.

 Rapat  hari pertama dipimpin oleh Wakil ketua Komtek Energi P. Deendarlianto dengan agenda Evaluasi Agenda Riset Nasional (ARN) 2015-2019.Rapat hari kedua dipimpin oleh Ketua Komtek Energi P. Arnold Y. Sutrisnanto dengan agenda Pembahasan Grand Desain Riset Nasional, Persiapan FGD, Kunjungan ke Fasilitas Baron Teknopark, dan lain-lain.Rapat  hari pertama dipimpin oleh Wakil ketua Komtek Energi P. Deendarlianto dengan agenda Evaluasi Agenda Riset Nasional (ARN) 2015-2019.Rapat hari kedua dipimpin oleh Ketua Komtek Energi P. Arnold Y. Sutrisnanto dengan agenda Pembahasan Grand Desain Riset Nasional, Persiapan FGD, Kunjungan ke Fasilitas Baron Teknopark, dan lain-lain.

 Beberapa catatan penting terkait evaluasi ARN 2015-2019, antara lainHasil evaluasi topik-topik riset telah disusun dalam Matrik ARN 2015-2019bidang energi. Evaluasi yang telah dilakukan adalah tema/program No. 1 dan No. 2 (Pemenuhan Kebutuhan Bahan Bakar Nasional, dan Pemenuhan Kebutuhan Listrik Nasional).  Untuk tema/program No. 3 dan No. 4 (Pengembangan Teknologi dan Manajemen Energi Menuju Sistem Energi Cerdas (Smart Energy System), dan Penelitian dan pengembangan kebijakan teknologi nasional di bidang energi) menjadi pekerjaan rumah Anggota Komtek, dan akan dibahas pada Rapat Komtek Energi berikutnya.Untuk topik riset 1.4 Hidrogen dan Nuklir (lihat matrik), akan ditambahkan beberapa topik riset oleh P. Deendarlianto.  Dalam menentukan topik-topik riset, selain pemenuhan kebutuhan energi, harus memperhitungkan juga trend dunia dengan memperhatikan masalah penurunan emisi (low & zero carbon, energi efisiensi, dan carbon capture storage). Paling tidak, hal ini dinarasikan dalam pengantar ARN.  Grand skenario Bahan Bakar Nabati (dalam jangka panjang) harus mengarah pada bahan baku non pangan. Namun untuk jangka pendek, pemakaian bahan baku berbasis pangan (FAME) bisa dilakukan agar bisa memenuhi permintaan.

Mengenai  Grand Design

A. Pembahasan Grand Desain Riset Nasional

· Komtek Energi mengusulkan lima Program Unggulan Hilirisasi dan Komersialisasi Riset  Bidang Energi, yaitu:

i.  Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Skala Kecil

ii. Pengembangan Teknologi Bahan Bakar Nabati (BBN)

iii. Pengembangan Sistem Managemen Energi Pintar (SEMS)

iv. Pengembangan HTGR (High Temperature Gas Cooled Reactor)

v.  Sains dan Teknopark (STP) Enegi Baru Terbarukan (Baron Teknopark)

· Catatan:

STP Energi Baru dan Terbarukan (Baron Teknopark) yang akan diangkat menjadi riset unggulan sebaiknya dilengkapi naskah akademik.

 

Persiapan Focus Group Discussion (FGD)

· Rapat memutuskan: FGD komtek energi tetap diagendakan sebagaimana diputuskan dalam Rapat Komtek pertama, yaitu pada tanggal 24 November 2015, dilaksanakan di Jakarta, dengan tema Penyusunan Grand Desain Riset IPTEK Energi. 

· FGD akan menghadirkan narasumber dari institusi pemasok dan pengguna energi yang akan dikaitkan dengan riset, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kelistrikan, serta Bappenas. Moderator: P. FX Sutijastoto (Kabalitbang ESDM/Anggota DRN).