BERITA DRN TERKINI

Pada hari Rabu, 18 November 2015  Komisi Teknis (Komtek ) Material Maju Dewan Riset Nasional (DRN) mengadakan rapat yang dilaksanakan di Fakultas Teknik Mesin, Universitas Gajah Mada, (UGM), Jogyakarta. Rapat dimulai dengan pembukaan oleh Dr.Ir. Utama H. Padmadinata  dan dihadiri oleh Anggota KOMTEK material maju  antara lain  Ir. Budi Susanto Sadiman , Dr. Ir. Nurul Taufiqu Rochman, B.Eng, M.Eng, Ir. Achdiat Atmawinata, Prof. Dr. Ridwan, Dr.Ir. Achmad Sobandi Meng, Prof. Ir. Jamasri, Ph.D dan Dr. Dwi Gustiono. Adapun sekertariat DRN yang Turut mendampingi anggota komtek material maju yaitu  Sunar MAP , Trimono Hermanto, dan  Nurseha, S.Pd. Materi rapat yang dibahas meliputi empat hal yaitu: Memberi masukan dalam penyusunan Grand Design Riset Nasional, Memberi masukan kebijakan dlm pencapaian tujuan dan sasaran strategis Kementerian Ristek dikti, Evaluasi ARN saat ini serta Hilirisasi dan Komersialisasi, dan yang terakhir, Rencana FGD Komtek Material Maju. Ada lima point yang dihasilkan  pada rapat   tersebut yang meliputi:

 1. Perlunya melihat kebijakan semisal RIPIN  (Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional) dalam dalam penyusunan RIRN. Penyusunan RIPIN diatur dalam UU Perindustrian dan UU No.3/2014, dengan jangka waktu 20 tahun. Adapun penyusunan Periode jangka pendek lima tahunan diatur dalam Kebijakan Industri Nasional (KIN), seperti yang tertera pada gambar berikut:

       Menurut pengalaman Kementerian Perindustrian kegiatan yang terkait RIPIN telah disediakan anggarannya sehingga pelaksanaannya menjadi lebih pasti dapat dilaksanakan.

2.  Bagi Kementerian Ristek Dikti  dalam mencapai tujuan dan sasaran strategis serta pembuatan Jakstranas perlu menentukan hal-hal sebagai berikut:

· Visi, Misi & Tujuan

· Sasaran-sasaran

· Jangka Waktu

· Arah Kebijakan

                            - Strategi 1

                            - Strategi 2

                            - Strategi 3

  · Matrik yang mampu menjawab 5W+1H, 5 M (Man, Money, Material, Method, Machine), PDCA

· Mencakup Aspek spasial, hubungan pusat dan daerah, keterkaitan/koordinasi program+ kegiatan K/L & “Stake Holder” terkait (Swasta/BUMN/ BUMD)

· Ada Kesetaraan level perundangan dalam kerangka perencanaan nasional ( UU, PP, Perpres, Permen)

· Punya kekuatan “mengikat” antar K/L dan stake holder

3. Agenda Riset Nasional (ARN) yang ada pada periode-periode sebelumnya, selalu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari  Kebijakan Strategis Nasional  (Jakstranas). Kombinasi antara Kebijakan yang diatur oleh Jakstranas dan Teknis dimuat agenda riset di ARN. Dengan demikian ada kejelasan Visi. Misi. Arah, Prioritas,

4. EVALUASI ARN Komtek Material Maju, telah disusun dan sedang dalam evaluasi bersama Kemen Ristek Dikti

 

5. Pelaksanaan FGD Komtek Material Maju, diputuskan mengambil Topik : “Apakah Industri Lokal Membutuhka Riset”. Dengan Pembicara : Bapak Buntoro Setiomuljo, Presiden Direktur PT. Mega Andalan Kalasan, Bapak Hendro Wijayanto, Presiden Direktur CV Karya Hidup Sentosa dan Direjen Penguatan Inovasi Dr. Jumain Appe.