BERITA DRN TERKINI

 

Komisi teknis (Komtek) Pertahanan dan Keamanan Dewan Riset Nasional (DRN) mengadakan rapat pada tanggal 2 Mei 2016 untuk membahas updateperkembangan Agenda Riset Nasional (ARN) bidang Pertahanan dan Keamanan.

 

Rapat dihadiri Drs. Bambang S. Tejasukmana, Dipl. Ing selaku ketua Komtek Hankam, Prof. Dr. Ir. Eddy Sumarno Siradj, M.Sc.Eng selaku anggota Komtek Hankam, Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc  selaku  Sekretaris  DRN, Ir. Adrian Zulkifli  – Asisten Komtek Transportasi DRN dan didampingi oleh sekertariat DRN Ir. Rijalul Fikri.

Rapat dibuka oleh Drs. Bambang S. Tejasukmana, Dipl. Ing selaku Ketua Komtek Hankam melanjutkan untuk memfokuskan penyempurnaan Draft ARN bidang Hankam, pada rapat kali ini lebih kearah riset bidang Hankam yaitu adanya joint riset dan joint development dengan menyertakan KKIP dalam perumusan Agenda riset bidang Hankam.

Selain itu, penting untuk mempelajari kembali UU nomor 16 tahun 2012 pasal 28 pada penjelasan tentang penelitian dan pengembangan sebagai tambahan dasar perumusan riset di bidang Hankam. Hal ini diperlukan karena riset model di bidang hankam berbeda sekali dengan riset di bidang lain, karena itulah rule model riset seperti joint riset, dan development adalah sesuatu yang perlu diterapkan dalam rumusan ARN bidang Hankam.

Dalam Rapat, Ir. Adrian Zulkifli selaku tim asistensi Komtek Hankam melaporkan bahwa akan meringkas program Komtek Hankam (Lihat Paparan Draft ARN Bidang Hankam).