BERITA DRN TERKINI

 

Komisi teknis (Komtek) Teknologi Informasi dan Komunikasi Dewan Riset Nasional (DRN) mengadakan rapat pada tanggal 10 Mei 2016 untuk membahas updateperkembangan Agenda Riset Nasional (ARN) bidang TIK.

Rapat dihadiri oleh Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA selaku Ketua Komtek TIK, Dr. Eng. Ir. Zulfajri B. Hasanuddin, M. Eng dan Dr. Ir. Dicky R. Munaf, MS, MSCE selaku Anggota Komtek TIK, Nandra Annisa selaku perwakilan dari Shinta Dhanuwardoyo, MBA Anggota Komtek TIK,  Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc  selaku  Sekretaris  DRN, Dr. Fadhilah Mathar – Asisten Komtek TIK DRN dan didampingi oleh sekertariat DRN Ir. Rijalul Fikri.

Rapat dibuka oleh Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA selaku Ketua Komtek TIK dengan mengucapkan terima kasih dan menjelaskan singkat secara ringkas tujuan rapat ini. Dalam perkembangan penyusunan Agenda Riset Nasional (ARN) bidang TIK akan secepatnya merumuskan long list yang dapat dijadikan portofolio yang akan menjadi supplement, posisi setiap study penting untuk dapat dimasukkan ke dalam draft ARN.

Evaluasi terhadap ARN harus memiliki tolak ukur pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Terkait industri content, Nandra Annisa yang hadir mewakili Shinta Dhanuwardoyo, MBA adalah pentingnya dukungan kebijakan sehingga investor memiliki persepsi untuk melakukan investasi pada perusahaan teknologi di Indonesia, yang kurang diperhatikan adalah dukungan agent investor untuk industri early stage, untuk itu dibutuhkan satu tema khusus untuk mendukung regulasi, dimulai dari dasar pemetaan (tidak berdasarkan feeling). Penentuan platform menjadi penting agar industri merasa aman berinvestasi di Indonesia.